Membuat Keputusan Lebih Mudah


PERNAHKAH Anda mengalami kesulitan saat hendak mengambil keputusan? Memang, saat hendak mengambil keputusan, seseorang harus memikirkan dengan penuh kematangan. Namun, sebenarnya ada cara agar kita bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan. Berikut tipsnya.

Jangan membuat keputusan saat sedang stres atau berada di bawah tekanan. Saat Anda dipaksa untuk membuat keputusan dengan cepat, coba ambil waktu sejenak dan biarkan keadaan menjadi normal terlebih dahulu.

Jangan mengabaikan insting. Sering kali kita punya feeling kuat tentang suatu keadaan tanpa punya penjelasan logis tentang hal tersebut. Jadi dengarkan insting tersebut saat Anda hendak membuat keputusan.

Coba melihat dari sisi yang berbeda. Pastikan bahwa saat membuat keputusan tersebut, Anda sudah mempertimbangkannya dari berbagai segi.

Belajar dari kesalahan. Cobalah Anda ingat kembali, apa konsekuensi yang harus Anda tanggung dengan keputusan serupa yang pernah Anda buat pada masa lalu. Apakah keputusan yang serupa itu berjalan lancar atau justru menyusahkan?

Santai saja. Tak perlu Anda buru-buru mengambil keputusan. Ingat, satu keputusan ini akan memengaruhi seluruh hidup Anda. Jadi pikirkan dengan matang.(Koran SI/Koran SI/nsa)

0 komentar:

Post a Comment